Welcome

 

Tips Mengembangkan Toko Online

DESA DEMEN 30 September 2019 10:22:21 Berita Lokal

Menentukan harga jual produk di toko online memang tidak selalu menjadi pekerjaan yang mudah. Harga yang terlalu tinggi bisa saja membuat Anda kehilangan pelanggan dan tidak bisa mendapatkan angka penjualan.

Namun sebaliknya, harga yang terlalu rendah juga akan membuat Anda sulit mendapatkan keuntungan. Jika tidak jeli, harga jual yang terlalu rendah seperti ini bahkan bisa saja membuat Anda mengalami kerugian.

Sementara di lain sisi, Anda akan menghadapi banyak pesaing lainnya di dalam bisnis toko online itu sendiri. Lalu, mampukah Anda menentukan harga yang tepat dan memenangkan persaingan tersebut?

Penting untuk menentukan harga yang tepat, bahkan selalu sesuai dengan kondisi pasar terkini. Harga yang tepat seperti ini akan membuat Anda mampu bersaing dengan pebisnis untuk produk sejenis di pasaran.

Selain itu, Anda akan lebih mudah untuk mendapatkan pelanggan di toko online Anda tersebut. Konsumen selalu menginginkan produk dan layanan terbaik, terutama harga yang paling murah untuk setiap transaksi yang mereka lakukan.

Pastikan Anda mampu menentukan harga yang terbaik dan tepat untuk setiap produk di toko online Anda sejak sekarang. Berikut tips mengembangkan toko online.

1. Pahami Nilai Jual 

Konsumen selalu menginginkan yang terbaik ketika mereka berbelanja, baik itu dalam layanan hingga produk dan harga yang mereka dapatkan. Lalu, di antara ketiga poin tersebut, apa yang menjadi nilai jual bisnis Anda?

Sebisa mungkin Anda tentu ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen, terutama terkait dengan harga produk yang Anda tawarkan dalam toko online Anda. Selain itu akan ada banyak saingan dalam bisnis toko online dan Anda juga perlu menghadapinya dengan langkah tepat.

Mulailah mengenal berbagai nilai jual yang unik di dalam bisnis Anda dan memaksimalkan hal tersebut. Sehingga Anda bisa memiliki nilai jual yang baik dan layak juga untuk setiap produk Anda.

2. Lakukan Uji Coba Strategi Penerapan Harga

Jangan lupa untuk menguji strategi yang Anda pilih untuk penetapan harga jual toko online Anda. Hal ini penting, untuk melihat langkah penerapan harga mana saja yang tepat untuk bisnis Anda.

Ini akan mempermudah Anda melakukan evaluasi terhadap strategi tersebut, hingga akhirnya Anda benar-benar menemukan strategi yang terbaik dan sesuai untuk bisnis online Anda.

3. Tentukan Besaran Keuntungan

Tujuan bisnis tentu saja untuk mendapatkan keuntungan yang paling maksimal, meskipun tujuan ini tidak selalu bisa tercapai dengan baik. Harga yang terlalu tinggi akan membuat bisnis sepi, sementara harga yang rendah bisa membuat Anda rugi.

Kedua hal ini akan menjadi tantangan tersendiri dalam menentukan harga jual toko online Anda. Namun untuk mengatasinya, Anda bisa menentukan margin yang tepat untuk Anda terapkan di dalam bisnis Anda. 

Sesuaikan keuntungan yang diinginkan dengan harga setiap produk yang dijual. Sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan yang masuk akal dan bisa membuat bisnis Anda tetap berjalan.

Jika beberapa produk tidak bisa dijual dengan margin yang Anda tetapkan, maka tidak ada salahnya menggantinya dengan produk yang lebih tepat.

Nilai margin yang tepat akan membuat Anda tetap mendapatkan untung dan memiliki daya jual yang baik terhadap produk toko online Anda. 

4. Jual di Bawah Harga Normal

Harga diskon selalu menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk konsumen, namun bisa jadi masalah bagi para pebisnis seperti Anda. Tapi tak ada salahnya menjual beberapa produk Anda di bawah harga pasar, jika Anda sudah memiliki perhitungan yang tepat dan tetap menguntungkan.

Anda bisa melakukannya dengan cross selling, di mana Anda menjual produk secara bundling, sehingga Anda menurunkan harga satu produk dan tetap bisa mendapatkan keuntungan dari produk lainnya. Ini akan meningkatkan angka penjualan dan juga keuntungan Anda.

5. Terapkan Diskon 

Pola penerapan diskon juga sangat beragam, namun pastikan Anda memilih pola yang tepat dan tetap menguntungkan, misalnya: diskon 50 persen untuk pembelian produk ke-2, diskon 20 persen untuk pembelanjaan Rp1 juta, dan lainnya.

Pastikan Anda menghitung dengan baik dampak diskon ini terhadap penjualan. Sehingga Anda bisa tetap mendapatkan keuntungan dari penerapannya di dalam toko online Anda.

 

6. Terapkan Harga Terbaik dan Menguntungkan 

Ketatnya persaingan bisnis online tentu menjadi perhatian khusus bagi Anda yang terjun di bidang satu ini. Anda perlu memiliki strategi penetapan harga yang tepat, di mana produk bisa terjual dengan mudah dan tetap memberikan sejumlah keuntungan bagi Anda. Pastikan Anda menemukan harga terbaik dan menerapkannya dengan tepat, sehingga bisnis online Anda bisa berumur panjang.

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sekretaris Desa Kaur Umum Aparatur Desa & Aset Kasi Pemerintahan Kasi Pembanguanan & Pemberdayaan Kasi Kemasyarakatan Staff Desa Kaur Perencanaan & Keuangan

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung